Sabtu, 07 Februari 2009

Kurikulum Akmil

Kurikulum Akmil 2002
( SURAT KEPUTUSAN KASAD NOMOR : SKEP / 375 / X / 2002 )


1.

Waktu.
Pendidikan dilaksanakan selama 3 tahun ( 6 semester ) yang terdiri dari 156 minggu @ 46 jam Pelajaran, dengan total 7176 Pelajaran

2.

Tujuan Pendidikan.
Membentuk Taruna Akmil untuk menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap & perilaku sebagai prajurit saptamarga, pengetahuan & ketrampilan dasar golongan Perwira, berkemampuan intelektual setingkat akademi serta jasmani yang samapta & siap mengikuti pendidikan selanjutnya.

3.

Sasaran Pendidikan.
Keluaran Akmil diharapkan menjadi perwira TNI AD yang memiliki kemampuan di 3 bidang meliputi :

* Bidang Sikap dan PerilakuDijabarkan dalam subjek pembinaan kejuangan dan kepribadian yang meliputi pembinaan rohani, pembinaan mental ideologi dan pembinaan tradisi dan sejarah.
* Bidang Pengetahuan dan Ketrampilan.Kemampuan dibidang ini meliputi bidang-bidang / materi sebagai berikut :
1. Bidang Militer Umum, yang dijabarkan dalam masalah Doktrin, Permildas, Intel, Pengetahuan senjata, Menembak, Ilmu Medan, Teknik Tempur Dasar, Pengetahuan Kecabanagn dan Pembinaan TNI AD.
2. Bidang Militer Kecabangan berupa Taktik dan Teknik Kecabangan.
3. Bidang Strategi berupa pengetahuan dasar strategi.
4. Bidang Militer Taktik yang terdiri dari Taktik Reguler, dan Taktik Non Reguler
5. Bidang Penyelenggaraan Olah Yudha yang meliputi Pembinaan Latihan dan Latihan Blok (misalnya Lat Praja Bhakti, Lat Sitarda, Lat Widya Yudha, Lat Pramuka Yudha, lat Dasar Para, Lat dasar Mengemudi, OJT dan sebagainya).
6. Bidang Pengetahuan Kodal yang meliputi Berfikir dan berkomunikasi serta pengetahuan Dinas Staf.
7. Bidang Hukum dan HAM yang meliputi masalah pengetahuan hukum serta HAM.
8. Bidang Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi pengetahuan Matematika, IPA, dan Teknologi, Pengetuhan Sosial, Pengetahuan Ekonomi, pengetahuan Bahasa dan Pengetahuan Psikologi.
9. Bidang Administrasi dan manajemen yang meliputi Pengetahuan Manajemen Umum, Manajemen hankamneg, Masalah Administrasi serta Pengetahuan Jasmani Umum.
* Bidang Pembinaan Jasmani.yang meliputi Medan Tangkas, Senam Militer, Perkelahian Militer, Kesegaran Jamani serta Ketangkasan Jasmani Umum.

4.

Pembagian Kurikulum Akmil.
Selama 3 tahun kurikulum Akmil dibagi menjadi 5 macam kurikulum, yaitu Kurikulum Jurusan Umum / Tempur, Jurusan Umum / Zeni, Juruan Umum / Peralatan, Jurusan Umum / perhubungan dan Jurusan Administrasi.

5.

Penentuan Jurusan.
Sesuai dengan kebijaksanaan yang berlaku, selama mengikuti pendidikan di Akmil, para taruna dijuruskan sebagai berikut :

1. Tk - I. Taruna Tk - I dibagi menjadi jurusan Umum ( untuk taruna yang berasal dari SMU - IPA ) dan jurusan administrasi ( untuk taruna yang berasal dari SMU - IPS ).
2. Tk - II. Sama dengan Tk - I, hanya pada saat menjelang kenaikan tingka, taruna jurusan Umum melaksanakan psikotest untuk menentukan jurusan pada Tk - III..
3. Tk - III. Taruna Tk - III, terdapat 5 jurusan, yaitu sesuai dengan hasil psikotest yang dilaksanakan pada akhir Tk - II, yaitu jurusan Tempur, jurusan Teknik Zeni, Teknik Pal, Teknik Hub dan jurusan Administrasi. Pada saat menjelang akhir pendidikan, taruna jurusan Tempur dan jurusan administrasi melaksanakan psikotest utnuk menetukan kesenjataan / kecabangan. Dengan demikian maka, setelah para taruna ini lulus dari Akmil, mereka akan menyandang kesenjataan / kecabangan sebagai berikut :
* Taruna jurusan Tempur akan menyandang corps Infantri, Kavaleri, atau Artileri ( Armed / Arhanud ).
* Taruna jurusan Teknik akan menyandang corps Zeni, Peralatan atau Perhubungan (sesuai dengan hasil psikotest pada saat akhir Tk - II).
* ¨ Taruna jurusan Administrasi akan menyandang corps Intendans, Angkutan, Topografi, Polisis Militer, ajudan Jendaral atau Keuangan.

6.

Beban Studi Departemen.
Selama 3 tahun program pendidikan, terdiri dari 5007 Jam Pelajaran ( termasuk latihan blok ) dan 214 Mata Pelajaran terbesar untuk 8 departement ( daftar selengkapnya, klik disini )

1 komentar: